Indonesia emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegritas)


Pernyataan Erick Thohir dalam peringatan hari pendidikan Nasional ,beliau menilai bahwa pendidikan adalah kunci utama masa depan Indonesia.
Karena itu, upaya memperbarui pengetahuan harus terus dilakukan. Pendidikan merupakan kunci pembuka pintu ke masa depan Indonesia yang lebih baik. jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh bersama-sama.
Tidak ada pilihan, diam atau terseret, maju dan berkembang. Itulah kondisi dari sistem pendidikan Indonesia saat ini. Sebab, dunia telah memilih maju dengan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan.
Pemerintah pun telah mendesain roadmap “Making Indonesia 4.0” sejak 2018 untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara maju, termasuk negara tetangga. Dari sepuluh program dalam roadmap, peningkatan SDM telah menjadi prioritas.
Dengan kata lain, program digitalisasi pendidikan Indonesia sebetulnya telah lama dilaksanakan oleh pemerintah. Namun, sebetulnya apa itu pendidikan 4.0, apa keuntungannya dan bagaimana cara menyiapkannya.
Urgensi Pendidikan 4.0 Harus Segera Dilaksanakan.
Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu penyebab paling sering disebutkan. Sebab, teknologi telah mengambil lebih banyak peran dalam produksi daripada manusia itu sendiri. Khususnya pada industri-industri padat karya.

•Ketatnya Kompetisi Global

Sejak 2016 lalu, dunia secara resmi melangkah ke era globalisasi dalam arti yang sesungguhnya. Istilah cross-borders pun menjadi topik populer yang dibahas dalam berbagai forum, termasuk World Economic Forum (EWF) dan G-2
Bahkan, Indonesia dinilai terlambat dan kekurangan tenaga ahli dalam hal teknologi digital. Faktanya, perkembangan startup teknologi di Indonesia masih kalah jauh dari India dan beberapa negara tujuan investasi lainnya.
Tidak hanya persaingan global, Indonesia juga memiliki masalah lain, yakni bonus demografi. Menurut data BPS 2018, jumlah penduduk usia produktif Indonesia akan menembus lebih dari 200 juta jiwa sebelum 2045.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 4 BToPH

unusa dalam memplementasi kampus merdeka belajar